Terus Berinovasi, Ketua Dekranasda Kuansing Luncurkan Batik Bermotif Harimau 

Terus Berinovasi, Ketua Dekranasda Kuansing Luncurkan Batik Bermotif Harimau 
Ketua Dekranasda Kuansing Wella Mayangsari,SE, MSi melounching batik khas Kuansing dengan menonjolkan motif harimau. 

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)- Agar terus bisa bersaing di pasar lokal dan luar daerah, berbagai motif batik khas  Kuansing terus dikembangkan. 

Baru-baru ini, Ketua Dekranasda Kuansing Wella Mayangsari,SE, MSi melounching batik khas Kuansing dengan menonjolkan motif harimau. 

Sebelumnya, kebanyakan motif Batik Kuansing yang sudah ada di kenal masyarakat, lekat dikaitkan dengan budaya seperti jalur, Perahu Begandung, Silat Pangean, Pendayung dan lainnya.

Kepada awak media, Wella menjelaskan, ''kita ingin terus mengembangkan inovasi baru kepada para pengrajin batik yang ada,'' jelas Wella.

Menurut Wella, Batik dengan motif Harimau terinspirasi dari kearifan lokal masyarakat Kuantan Singingi, dimana sebuah mitos di tengah masyarakat  bahwa Harimau di pandang oleh masyarakat sebagai hewan  yang sangat bijaksana dalam membaca dan memahami fenomena alam.

Pemahaman itu, selanjutnya dikemas dalam aturan hidup bermasyarakat, sehingga dapat di pahami bahwa makluk hidup selain manusia dapat berperan dalam menata kehidupan bermasyarakat.

''Atas mitos yang di miliki oleh hewan seperti harimau itulah, tak salah kiranya di tuangkan dalam bentuk karya seni  Batik Kuansing dengan motif Harimau ini,'' jelas Wella.

Mudah-mudahan motif terbaru ini bisa di terima masyarakat pencinta batik, sehingga menambah khasanah dan pilihan yang ada. 

Ke depan akan terus di kembangkan motif motif lainnya, dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal yang ada, pungkasnya.(R12)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index